KOMUNIKASI PERSONAL DALAM MODEL TIM KEPERAWATAN PENGARUHI KINERJA KEPERAWATAN DI RUANG PERAWATAN
Abstract
Abstrak
Hubungan yang baik antara pasien dan antar perawat dan perawat dengan perawat dapat dilakukan apabila mutu pelayanan keperawatan menjadi fokus terhadap tuntutan masyarakat. Oleh karena itu, mutu pelayanan keperawatan/kesehatan menjadi alasan pertama bagi pasien dan keluarga dalam memilih rumah sakit. Salah satu upaya dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan yakni dengan peningkatan kualitas pelayanan keperawatan dengan memberikan rasa tanggung jawab yang lebih tinggi pada perawat melalui model asuhan yang terukur sehingga terjadi peningkatan motivasi kerja, meningkatnya kinerja perawat dan berdampak pada meningkatnya kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif terhadap gambaran pelaksanaan metode penugasan tim keperawatan dimasa covid- 19 di ruang rawat inap RSUD IE Moeis Samarinda tahun, 2020.
Downloads
References
Gillies , DA., (1994),. Nursing Management a System Approach, 2nd.ed., W. B. Saunders. Jurnal keperawatan Volume 1 tahun 2000 ., FIK UI.
Marquis, B.L. dan Huston, C.J. (1998). Management Decision Making for Nurses(3rd ed) Philadelphia: Lippincot – Raven Publisher
Swanburg, R.C, (1993) Iintroduction leadership & nursing for Clinical nurses., Jones & Bartlett Publisher Inc
Hasibuan (1996) organisasi dan motivai cet 1., Jakarta Gunung Agung
Ilyas (1999) Kinerja Jakarta Pusat kajian ekonomi kesehatan FKM UI
Mngkunegara A.P (200) Manajemen sumberdaya manusia Bandung ; Rosda
Rasmun (2002) Tesis magister Analisisi hubungan karakteristik perawat dn iklim kerja dengan disiplin kerja perawat pelaksana di RSUD BanyumasJawa tengah; Pasca Sarjana UI
Ratanto (2013) Tesis magister keperawatan hubungan faktor iternal dan ekternal dengan Atmaja, Kesuma, and Hajjul Kamil. 2017. “Penerapan Model Praktek Keperawatan Profesional Di Rumah Sakit Cut Nyak Dhien the Aplication of Professional Nursing Practice Model At Cut Nyak Dhien Hospital,†1–9.
Hidayah, Nur. 2014. “Manajemen Model Asuhan Keperawatan Profesional (Makp) Tim Dalam Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit†VII (2).
Rakhmawati, Oleh Windy, S Kp, and M Kep. 2017. “Metode Penugasan Tim Dalam Asuhan Keperawatan.†Asuhan Keperawatan 2: 1–9.
Copyright License:
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License