THE CORRELATION OF FIRST LANGUAGE ACQUISTION WITH CHILDREN’S SPEAKING ABILITY ON 5-6 AGE
Abstract
Abstract
The problem in this research is how does the correlate between first language acquisition and children‟s speaking ability on 5-6 age. This research is used to know about the description of correlation between first language acquisition and children‟s speaking ability on 5-6 age. This research is conducted in kindergarten of Bunga Tanjung Lempake Samarinda Utara, Samarinda City. The method that used in this research is descriptive quantitative correlational. The sample which is used in this research is all of the children in Bunga Tanjung Lempake Samarinda Utara in academic year 2019/2020 who still in 5-6 ages with the total of samples are 30 children. Data collection technique was collected by using questionnaire. The result of the research about first language acquisition and children‟s speaking ability was analyzed using statistic analysis with the presentage formula and product moment. The result of this research showed that the first language acquisition of the children have been improved 53,3 % in average like expectation before, meanwhile the children‟s speaking ability have been improved 46,7 % in average which hoped. The result of this research showed low correlation between the first language acquisiton and the children‟s speaking ability in age 5 – 6 year.
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hubungan antara pemerolehan bahasa pertama dengan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang hubungan pemerolehan bahasa pertama dengan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di PAUD Bunga Tanjung Lempake Samarinda Utara, Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik di PAUD Bunga Tanjung Lempake Samarinda Utara, Samarinda tahun ajaran 2019/2020 yang berusia 5-6 tahun yaitu sebanyak 30 anak. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian tentang pemerolehan bahasa pertama dan keterampilan berbicara anak diolah menggunakan analisis statistik dengan rumus persentase dan product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan rata- rata pemerolehan bahasa pertama anak adalah 53,3 % telah berkembang sesuai harapan, sedangkan rata-rata keterampilan berbahasa lisan anak 46,7 % telah berkembang sesuai harapan. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi yang rendah antara pemerolehan bahasa pertama dengan keterampilan berbahasa lisan anak usia 5-6 tahun, oleh karena itu rekomendasi bagi peneliti berikutnya untuk meneliti faktor lain yang mempengaruhi keterampilan berbahasa lisan diluar pemerolehan bahasa pertama.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Renika Cipta.
Budiman, (2011), Penelitian Kesehatan, Bandung, Refika Aditama
Budi Kusuma, Alam. (2016), Pemerolehan Bahasa Pertama Sebagai Dasar Pembelajaran Bahasa kedua, Vol. 5 No.2 Desember 2016 Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam.
Chaer, Abdul. (2003). Psikolinguistik:Kajian Teoretik.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, Soenjono. (2003). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia.Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Dharma, Kusuma Kelana .2011. Metodologi Penelitian Keperawatan : Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian, Jakarta, Trans Info Media.
Field, John. (2003). Psycholinguistics. London: Routledge.
Harun, dkk. 2009. Asesmen Pemerolehan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multipresindo.
Hurlock, Elizabeth B. 1988. Pemerolehan Anak Jilid 1 (alih bahasa Meitsari Tjandrasa, Muslichah Zarkasih ; editor Agus Dhama). Jakarta: Erlangga.
Kridalaksana, Harimurti. (1982). Kamus Linguistik.Jakarta: PT Gramedia.
Marat, Samsunuwiyati. (1983). Psikolinguistik.Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.
. 2007 . Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: PT Refika Aditama.
Martinet, Andre. (1987). Ilmu Bahasa:Pengantar (terjemahan Rahayu Hidayat). Yogyakarta: Kanisius.
Musfiroh, Tadkirotun. (2002). Pengantar psikolinguistik. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.
Natsir, Nurasia. (2017), Hubungan Psikolinguistik dalam Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa, Vol. 10 No. 1 Februari 2017 Jurnal Retorika
Nikelas, Syahwin. (1988). Pengantar Linguistik untuk Guru Bahasa. Jakarta Depdikbud: Depdikbud Dirjen Dikti PPLPTK.
Pateda, Mansoer. (1990). Aspek-aspek Psikolinguistik. Ende Flores: Nusa Indah
Riyanto, Agus. (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Sugiyono, (2011). Metodologi penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. (1985). Psikolinguistik.Bandung: Angkasa.
Yudibrata, Karna; Andoyo Sastromiharjo; dan Kholid A. Harras. (1997/1998). Psikolinguistik.Jakarta: Depdikbud PPGLTP Setara D-II.
Copyright (c) 2021 Amiruddin Amiruddin, Andi Lis Arming Gandini, Frana Andrianur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright License:
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License