PELATIHAN PARENTING SKILL MENINGKATKAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA PRESCHOOL

  • Andi Lis Arming gandini
  • joko sapto pramono Poltekkes Kemenkes Kaltim
  • junita Lusty Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Parenting skill, Pembentukan karakter anak

Abstract

Parenting skills are the main pillar of parents in nurturing and guiding children to create a generation of character. The purpose of this study was to determine the effectiveness of parenting skill training in increasing parents' knowledge about the formation of the character of pre-school age children. Quantitative research method with a quasi experimental approach pre-test and post-test control group design. A sample of 50 people used a total sampling technique according to the inclusion criteria. The instrument used is a questionnaire for the formation of children's character including Honesty, Discipline and Sociability. Data were analyzed univariately and bivariately with Wilcoxon. The results obtained variable knowledge of honest character formation p = 0.000, knowledge of discipline character formation p = 0.003, knowledge of easy-going character formation p = 0.002. The result of p value < 0.05 (Sig. 95%) then Ho is rejected so Ha is accepted, so that there is a significant difference between the pre-test post-test of parenting skills training on knowledge the formation of honest, disciplined, sociable characters. So it can be concluded that parenting skill training for parents is very effective in increasing knowledge about character building in preschool age children. Knowledge of how to raise and educate children from infancy to adulthood is very necessary, which will affect the development of children's characteristics in the future

Parenting skill merupakan pilar utama orang tua dalam mengasuh dan membimbing anak agar terwujudnya generasi yang berkarakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelatihan parenting skill dalam meningkatkan pengetahuan orang tua tentang pembentukan karakter anak usia pre school. Metode penelitian kuantitatif dengan teknik pendekatan quasy experiment pre-test and post-test control group design. Sampel sebanyak 50 orang menggunakan teknik total sampling sesuai kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Pembentukan Karakter Anak meliputi Jujur, Disiplin dan Mudah Bergaul. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan Wilcoxon. Hasil yang didapatkan variabel pengetahuan pembentukan karakter jujur p=0,000, pengetahuan pembentukan karakter disiplin p=0,003, pengetahuan pembentukan karakter mudah bergaul p=0,002. Hasil p value < 0,05 (Sig. 95%) maka Ho ditolak sehingga Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test post-test pelatihan parenting skill terhadap pengetahuan dalam pembentukan karakter jujur, disiplin mudah bergaul. Sehingga dapat disimpulkan pelatihan parenting skill pada orang tua sangat efektif dalam meningkatkan pengetahuan tentang pembentukan karakter pada anak usia preschool. Pengetahuan tentang cara membesarkan dan menididk anak sejak masih bayi hingga dewasa sangat diperlukan, yang mana akan berpengaruh terhadap perkembangan karakteristik anak pada nantinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batubara, J. (2015). Pengembangan Karakter Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 1. https://doi.org/10.29210/112000
Edi Widianto. (2015). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. PG-PAUD Trunojoyo, 2(1), 31–39.
Elkind, D. H., & Sweet, F. (2009). How to Teach Character Education. GoodCharacter.Com. https://www.goodcharacter.com/how-to-articles/how-to-teach-character-education/
Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence, Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ (T. Hermaya (ed.)). Gramedia Pustaka Utama.
Hillis, S., Mercy, J., Amobi, A., & Kress, H. (2016). Global Prevalence of Past-year Violence Against Children: A Systematic Review and Minimum Estimates. In Review Article Pediatrics (Vol. 137, Issue 3). www.aappublications.org/news
International Rescue Comitte. (2016). Parenting Skills Intervention.
Kurniasari, A. (2015). Kekerasan Versus Disiplin dalam Pengasuhan Anak. Sosio Informa, 1(02), 141–159.
Kurniasari, A. (2019). Dampak Kekerasan Pada Kepribadian Anak. Sosio Informa, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1594
Pusdatin, K. R. (2018). Kekerasan Terhadap Anak Pusdatin Kemenkes RI. https://pusdatin.kemkes.go.id/article/view/19010400001/kekerasan-terhadap-anak-dan-remaja.html#:~:text=Menurut Undang-Undang Nomor 35,perampasan kemerdekaan dengan cara melawan
Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Gramedia Pustaka Utama.
United Nations Children’s Fund (UNICEF). (2014). Violence Against Children in East Asia and the Pacific: A Regional Review and Synthesis of Findings.
Published
2022-01-04
How to Cite
Arming gandini, A., pramono, joko, & Lusty, junita. (2022). PELATIHAN PARENTING SKILL MENINGKATKAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA PRESCHOOL. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 11(2), 185 - 193. https://doi.org/10.35963/hmjk.v11i2.280

Most read articles by the same author(s)