Keterampilan Petugas Yang Baik Dalam Memberikan Pelayanan Merupakan Faktor Kapuasan Lansia

  • Lukman Nulhakim Poltekkes Kemenkes Kaltim

Abstract

Meningkatnya angka harapan hidup memberi kontribusi pada jumlah populasi lansia dari tahun ke tahun yang cenderung meningkat. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan lansia adalah pelayanan dan perawatan lansia di Panti Sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik dan perilaku perawatan petugas panti terhadap kepuasan kelompok lansia di Panti Sosial Tresna Werdha BM di DKI Jakarta. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel penelitian untuk petugas 128 orang sedangkan untuk lansia 128 orang berdasarkan metode simple random sampling dengan teknik pengambilan berdasarkan proporsional sampel setiap panti. Analisa data menggunakan Chi Square dan regresi logistik ganda. Terdapat hubungan antara perilaku perawatan petugas panti dengan kepuasan kelompok lansia, khususnya sikap (p=0,039) dan keterampilan (p=0,038). Variabel paling dominan adalah keterampilan OR= 3.992. Perlunya peningkatan sumber daya manusia baik berupa pelatihan atau pendidikan formal dalam meningkatkan kualitas pelayanan di panti guna meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan lansia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-09
Section
Artikel