Studi Pengetahuan Perawat Dalam Penanganan Syok Hipovolemik Pada Pasien DHF di Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Kanudjoso Djatiwibowo Tahun 2010

  • Sukreni Sukreni Poltekkes Kemenkes Kaltim

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti, dari 10 orang perawat di ruang Instalasi Rawat Darurat (IRD) RSUD de. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan hanya 4 orang yang menyatakan tahu tentang penanganan syok hypovolemik pada pasien DHF sedangkan 6 lainnya menyatakan kurang mengetahui. Dari 4 orang yang tahu penangan syok hypovolemik pada pasien DHF, menyatakan bahwa penanganan syok hypovolemik ini hanya bersifat sebentar/sementara tidak secara tuntas, sehingga untuk observasi/pemantauan beberapa jam berikutnya diserahkan kepada ruang perawatan yang lain seperti di ruang intensif Care Unit (ICU). Melihat fenomena diatas maka peneliti tertarik untuk meneliti “Studi Tingkat Pengetahuan Perawat Dalam Penanganan Syok Hipovolemik Pada Pasien DHF di RSUD dr. Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan Tahun 2010”.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan perawat dalam penanganan syok hipovolemik pada pasien DHF di RSUD dr. Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan Tahun 2010. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Adapun yang menjadi populasi adalah seluruh perawat di IRD RSUD dr. Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan berjumlah 29 orang.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar pernah mendapat informasi tentang penanganan syok hipovolemik pada pasien DHF sebanyak 25 orang (86,2%).


Kesimpulan Penelitian ini adalah dari hasil penelitian ini, sebagian besar pengetahuan perawat di Instalasi Rawat Darurat RSUD dr. Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan Tahun 2010 tentang penanganan syok hipovolemik pada pasien DHF adalah cukup, yaitu sebanyak 20 orang (69,9%)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 13, 2017
How to Cite
SUKRENI, Sukreni. Studi Pengetahuan Perawat Dalam Penanganan Syok Hipovolemik Pada Pasien DHF di Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Kanudjoso Djatiwibowo Tahun 2010. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 31-37, july 2017. ISSN 2461-0402. Available at: <http://husadamahakam.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Home/article/view/82>. Date accessed: 27 may 2020.
Section
Artikel