Proses Pembelajaran Berorientasi Pada Pengembangan Soft Skills

  • Faridah Hariyani Poltekkes Kemenkes Kaltim

Abstract

Dalam rangka menghadapi beragam perkembangan masalah global-eksternal, digital-based information dan teknologi komunikasi menuntut perubahan arah pendidikan tinggi untuk mengetahui adanya perubahan kebutuhan di dunia kerja yang tidak hanya mengutamakan hard skills namun diperlukan juga adanya soft skills. Soft skills adalah seluruh aspek dari generic skills yang termasuk elemen kognitif yang berhubungan dengan non-academic skills yang berhubungan dengan aspek intra-personalitas maupun inter-personalitas. Soft skills yang penting untuk dikembangkan pada peserta didik di lembaga pendidikan tinggi meliputi keterampilan berkomunikasi, keterampilan berpikir dan menyelesaikan masalah, kekuatan kerja tim, belajar sepanjang hayat dan pengelolaan informasi, keterampilan wirausaha, keterampilan kepemimpinan, etika, moral dan profesionalisme.Soft skills sangat diperlukan dalam proses pencarian pekerjaan dan kesuksesan meniti karir dalam pekerjaan. Soft skills menentukan kecepatan lulusan mendapatkan pekerjaan selain didukung oleh hard skillnya.  80% kesuksesan manusia ditentukan oleh bagaimana cara ia mengelola emosinya dan 20% berupa faktor hard skill.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 9, 2017
How to Cite
HARIYANI, Faridah. Proses Pembelajaran Berorientasi Pada Pengembangan Soft Skills. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 163 - 171, july 2017. ISSN 2461-0402. Available at: <http://husadamahakam.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Home/article/view/61>. Date accessed: 08 apr. 2020.