INTERVENSI PENDIDIKAN STROKE MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP POSITIF DALAM MENCEGAH KEGAWAT DARURATAN STROKE

  • Frana Andrianur Poltekkes Kemenkes Kaltim
  • Ismansyah Ismansyah Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
Keywords: Intervensi pendidikan stroke, kegawatdaruratan stroke, pengetahuan dan sikap pasien stroke

Abstract

Hipertensi dikenal sebagai penyakit kronis yang disebut The Silent Killer, biasanya pasien tidak mengetahui bahwa mereka menderita penyakit hipertensi, hal ini jika jika tidak dicegah menyebabkan stroke. Penelitian bertujuan untuk intervensi pendidikan stroke terhadap pengetahuan, sikap dan fungsi kognitif pada pasien hipertensi

Desain penelitian ini menggunakan quasi ekspriment dengan dengan control groups pretest-post test design. Responden diambil secara consecutive sampling sebanyak 30 pasien hipertensi yang bisa beresiko terjadinya stroke di Wilayah Puskesmas Bengkuring Kota Samarinda. Data dikumpulkan dengan lembar instrumen dan kuesioner pengetahuan, sikap. Analisis data menggunakan paired t test, mann whitney u test,  dan uji wilcoxcon test

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesudah dilakukan intervensi, peningkatan skor pengetahuan kelompok intervensi dari 68.00±6.81 menjadi 79.33±6.51, skor sikap 70.67±12.08 menjadi 87.33±4.95. Dan kelompok kontrol, peningkatan skor pengetahuan kelompok kontrol dari 68.93±6.37 menajdi 71.67±6.31, skor sikap 70.33±12.46 menjadi 75.67±10.33 Setelah diberikan intervensi pendidikan stroke significant adanya perbedaan skor kelompok intervensi dan kontrol pada pengetahuan dan sikap (p<0,05)

Intervensi pendidikan stroke dalam mencegah serangan stroke terbukti memiliki meningkatkan pengetahuan, sikap positif pada pasien hipertensi. Pemahaman dan pemantauan tekanan darah sendiri (self monitoring) sangat di rekomendasikan mencegah kegawatan serangan stroke

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akoko, B. M., Fon, P. N., Ngu, R. C., & Ngu, K. B. (2017). Knowledge of Hypertension and Compliance with Therapy Among Hypertensive Patients in the Bamenda Health District of Cameroon: A Cross-sectional Study. Cardiology and Therapy, 6(1), 53–67. https://doi.org/10.1007/s40119-016-0079-x
Badan Pusat Statistik. (2022). Prevalensi Tekanan Darah Tinggi Menurut Provinsi 2013-2018. Retrieved from https://www.bps.go.id/indicator/30/1480/1/prevalensi-tekanan-darah-tinggi-menurut-provinsi.html
Black, J. M., & Hawks, J. H. (2014). Keperawatan Medikal Bedah: Manajemen Klinis untuk hasil yang diharapkan. – Buku 3. (Edisi 8). Singapore: Elsevier.
CDC. (2020). Stroke Facts. Retrieved from https://www.cdc.gov/stroke/facts.htm
Chotisiri, L., Yamarat, K., & Taneepanichskul, S. (2016). Exploring knowledge, attitudes, and practices toward older adults with hypertension in primary care. Journal of Multidisciplinary Healthcare, 9, 559–564. https://doi.org/10.2147/JMDH.S112368
Dymek, J., Gołda, A., Polak, W., Lisowski, B., & Skowron, A. (2019). Effect of Education for Hypertensive Patients with Correctly Performed Self-Blood Pressure Monitoring (SBPM). Pharmacy, 7(3), 75. https://doi.org/10.3390/pharmacy7030075
Eunice O, O. (2017). Hypertension Prevention and Control : Effects of a Community Health Nurse-led Intervention Health Education Research & Development. Journal of Health Education Research & Development, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.4172/2380-5439.1000210
Heart. (2021). What Is High Blood Pressure? Retrieved September 24, 2021, from Association, American Heart website: https://dc.statelibrary.sc.gov/bitstream/handle/10827/25131/DHEC_What_is_High_Blood_Pressure_2017-07.pdf
Himmelfarb, C. R. D., Commodore-Mensah, Y., & Hill, M. N. (2016). Expanding the Role of Nurses to Improve Hypertension Care and Control Globally. Annals of Global Health, 82(2), 243–253. https://doi.org/10.1016/j.aogh.2016.02.003
Iadecola, C., Yaffe, K., Biller, J., Bratzke, L. C., Faraci, F. M., Gorelick, P. B., … Al Hazzouri, A. Z. (2016). Impact of Hypertension on Cognitive Function: A Scientific Statement from the American Heart Association. Hypertension, 68(6), e67–e94. https://doi.org/10.1161/HYP.0000000000000053
Jennings, J. R., Gianaros, P. J., Muldoon, M. F., & Allen, B. (2020). Cerebrovascular function in hypertension : Does high blood pressure make you old ? (January), 1–17. https://doi.org/10.1111/psyp.13654
Kemenkes. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018.
Mayo Clinic. (2012). Stress and high blood pressure: What’s the connection? Diseases and Conditions, 1–3. Retrieved from http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/in-depth/stress-and-high-blood-pressure/art-20044190
P2PTM Kemenkes RI. (2019). Pengobatan Hipertensi dapat dilakukan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama atau Puskesmas, sebagai penanganan awal dan kontrol. Retrieved from http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic/pengobatan-hipertensi-dapat-dilakukan-di-fasilitas-kesehatan-tingkat-pertama-atau-puskesmas-sebagai-penanganan-awal-dan-kontrol
Pantoni, L. (2010). Cerebral small vessel disease: from pathogenesis and clinical characteristics to therapeutic challenges. The Lancet Neurology, 9(7), 689–701. https://doi.org/10.1016/S1474-4422(10)70104-6
PERDOSSI. (2011). Guideline Stroke Tahun 2011. Retrieved from Pokdi Stroke Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia website: https://www.perdossi.org/
Santisteban, M. M., & Iadecola, C. (2018). Hypertension, dietary salt and cognitive impairment. Journal of Cerebral Blood Flow and Metabolism, 38(12), 2112–2128. https://doi.org/10.1177/0271678X18803374
Wake, A. D., Bekele, D. M., & Tuji, T. S. (2020). Knowledge and attitude of self-monitoring of blood pressure among adult hypertensive patients on follow-up at selected public hospitals in arsi zone, oromia regional state, Ethiopia: A cross-sectional study. Integrated Blood Pressure Control, 13, 1–13. https://doi.org/10.2147/IBPC.S242123
Wang, S., Yang, S., Jia, W., Han, K., Song, Y., Zeng, J., … Liu, M. (2022). Role of blood pressure on stroke-related mortality: A 45-year follow-up study in China. Chinese Medical Journal, 135(4), 419–425. https://doi.org/10.1097/CM9.0000000000001949
WHO. (2019). Health Topics: Stroke, Cerebrovascular Accident. Retrieved from World Health Organization website: http://www.who.int/topics/cerebrovascular_accident/en/
Published
2022-05-31
How to Cite
Andrianur, F., & Ismansyah, I. (2022). INTERVENSI PENDIDIKAN STROKE MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP POSITIF DALAM MENCEGAH KEGAWAT DARURATAN STROKE. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 12(1), 32-40. https://doi.org/10.35963/hmjk.v12i1.297
Section
Artikel