GAMBARAN PENGARUH PERINGATAN PERINGATAN KESEHATAN BERGAMBAR PADA KEMASAN ROKOK TERHADAP PERILAKU MEROKOK REMAJA DI SMKN 1 KOTA GIANYAR TAHUN 2019

  • Ni Luh Putu Devhy STIKes Wira Medika Bali
  • Anak Agung Oka Widana STIKes Wira Medika Bali

Abstract

Latar Belakang:Merokok merupakan kebiasaan perilaku hidup seseorang yang dapat mengganggu kesehatan untuk diri nya sendiri maupun untuk orang disekitarnya. Prevalensi merokok di Indonesia sangat tinggi diberbagai lapisan masyarakat, terutama pada laki-laki mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa. Kecendrungan merokok terus meningkat dari tahun ke tahun baik pada laki-laki dan perempuan, hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan kita semua.


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menilai prevalensi merokok pada remaja  di SMAKN 1 Kota Gianyar, Menilai pemahaman, remaja tentang bahaya merokok sesuai dengan Peringatan Kesehatan Bergambar (PKB) di satu SMAKN 1 di Kota Gianyar, Menilai pengaruh PKB, bahaya merokok terhadap perilaku merokok pada remaja di Kota Gianyar.


Metode Penelitian: ini adalah penelitian observasional dengan rancangan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini adalah remaja laki-laki di SMKN 1 Gianyar, selama bulan Agustus 2019. Sampel dipilih secara random. Pengumpulan data melalui wawancara tersetruktur menggunakan kuisioner yang telah diuji sebelumnya, kemudian dianalisis secara Deskriptif.


Hasil : Rerata responden berusia 15,9 tahun,  100 % laki-laki, berpendidikan Sekolah Menengah Atas, 97%-99 % responden sudah tau bahaya tentang merokok, 74% responden mencoba-coba merokok dan rerata usia mencoba rokok pertama kali 14,2 tahun, kemudian 68% setelah adanya PKB merasa takut untuk merokok dan 30% yang tetap ingin merokok.


Kesimpulan:Sebagian besar remaja SMAKN 1 di Kota Gianyar memiliki keinginan untuk berhenti merokok, maka dari  itu penting ditindaklanjuti guna memperbaiki PKB agar dapat membantu mereka dalam hal mewujudkan keinginan untuk berhenti merokok.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 4, 2020
How to Cite
DEVHY, Ni Luh Putu; OKA WIDANA, Anak Agung. GAMBARAN PENGARUH PERINGATAN PERINGATAN KESEHATAN BERGAMBAR PADA KEMASAN ROKOK TERHADAP PERILAKU MEROKOK REMAJA DI SMKN 1 KOTA GIANYAR TAHUN 2019. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 15 - 22, june 2020. ISSN 2461-0402. Available at: <http://husadamahakam.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Home/article/view/205>. Date accessed: 28 sep. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.35963/hmjk.v10i1.205.
Section
Artikel