HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK AL-JAWAHIR SAMARINDA

  • jasma wati

Abstract

Anak memiliki suatu ciri yang khas yaitu selalu tumbuh dan berkembang sejak konsepsi sampai berakhir masa remaja. Hal ini yang membedakan anak dengan orang dewasa. Pertumbuhan terjadi secara simultan dengan perkembangan. Berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan merupakan hasil interaksi kematangan susunan saraf pusat dengan organ yang dipengaruhinya. Sehingga pengetahuan dan peranan ibu sangat bermanfaat bagi proses perkembangan anak secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi terhadap perkembangan anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan total sampiling yang berjumlah 82 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner dan melakukan observasi langsung terhadap anak. Kemudian diolah dengan analisa univariat dan analisa bivariat menggunakan Chi Square (X2) dengan tingkat kepercayaan 95% melalui sistem komputerisasi. Hasil uji statistik didapatkan nilai P Value = 0.000, sedangkan nilai α = 0.05 dan (X2)hitung  = 42.6 dengan (X2)tabel   = 3.48, maka dapat dilihat bahwa P Value < α = (0.000 < 0.05) dan (X2)hitung  >(X2)tabel   = (42.6 > 3.48) sehingga bisa disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi terhadap perkembangan anak usia 4-6 tahun di TK Al-Jawahir Samarinda tahun 2015. Kemudian dari nilai OR = 52.889 dan CI = 95% (11.939-234.295), berarti ibu yang berpengetahuan baik mempunyai peluang 52 kali lebih besar untuk anaknya mengalami perkembangan normal sesuai usia dibandingkan ibu yang berpengetahuan rendah. Hal ini dapat dilihat dari uji bivariat dari 82 responden 56 (68.3%) responden yang memiliki anak dalam kategori perkembangan normal sesuai usia adalah responden yang memiliki pengetahuan yang baik pula. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang diberikan kepada petugas kesehatan agar lebih menyosialisasikan kepada ibu-ibu bahwa pentingnya memperhatikan tahap-tahap perkembangan buah hati dengan tetap memberikan stimulasi yang sesuai berdasarkan usia anak.

Published
Feb 3, 2017
How to Cite
WATI, jasma. HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK AL-JAWAHIR SAMARINDA. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 78-89, feb. 2017. ISSN 2461-0402. Available at: <http://husadamahakam.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Home/article/view/2>. Date accessed: 27 jan. 2020.
Section
Artikel