Hubungan Pemberian ASI Eksklusif dan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita Umur 12-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Kamonji

  • Linda Linda Poltekkes Kemenkes Palu

Abstract

ABSTRAK


Pneumonia merupakan pembunuh utama balita di dunia dan di Indonesia. Di Indonesia pneumonia merupakan penyebab dari 15% kematian balita yaitu diperkirakan sebanyak 922.000 balita di tahun 2015. Puskesmas Kamonji merupakan puskesmas yang mempunyai angka kejadian pneumonia tertinggi di kota Palu yaitu berjumlah 422 kasus pada tahun 2015. Berdasarkan bukti bahwa factor risiko pneumonia adalah kurangnya pemberian ASI eksklusif, gizi buruk, polusi udara dalam ruangan (indor air pollution), bayi berat lahir rendah (BBLR), kepadatan penduduk, dan kurangnya imunisasi campak. Tujuan penelitian ini adalah diketahui faktor yang berhubungan dengan kejadian pneumonia, yaitu pemberian ASI Eksklusif dan riwayat berat badan lahir rendah (BBLR).


Jenis penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan case control. Sampel dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki balita 12-59 bulan yang ada di Wilayah Kerja Puskemas Kamonji berjumlah 70 sampel yang terdiri dari 35 sampel kasus dan 35 sampel kontrol. Penelitian ini mengunakan analisis uji statistik Chi-square dengan tingkat kesalahan 5% (α=0,05) dan tingkat kepercayaan 95%.


Hasil penelitian menunjukkan  bahwa pemberian ASI Eksklusif (P Value=0,147) dan bayi berat lahir rendah (P Value =1,000) tidak memiliki hubungan dengan kejadian pneumonia pada balita umur 12-59 bulan.


Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara pemberian ASI Eksklusif dengan kejadian pneumonia dan tidak ada hubungan antara bayi berat lahir rendah dengan kejadian pneumonia. Saran untuk Petugas Kesehatan agar terus memberikan penyuluhan tentang pentingnya perilaku hidup sehat mengajarkan kepada masyarakat bagaimana pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun serta menjaga status gizi balita selalu baik.


 Kata Kunci: ASI Eksklusif, BBLR, Pneumonia

Published
Jan 9, 2018
How to Cite
LINDA, Linda. Hubungan Pemberian ASI Eksklusif dan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita Umur 12-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Kamonji. Husada Mahakam, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 277 - 287, jan. 2018. ISSN 2461-0402. Available at: <http://husadamahakam.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Home/article/view/101>. Date accessed: 14 dec. 2018.
Section
Articles