KEYAKINAN DIRI (self efficacy) DAN PROSES BERUBAH PADA IBU HAMIL UNTUK PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DI SAMARINDA

  • Endah Wahyutri

Abstract

Deklarasi Innoncenti tahun 1990 oleh WHO bertujuan  memberi dukungan pada   program ASI ekslusif . Dukungan sebaya akan  memfasilitasi  proses berbagi pengalaman, terjadi proses berubah menurut teori the transtheoritical model (TTM) kearah memberi ASI dan Ibu mempunyai keyakinan diri (self efficacy)

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh  dukungan sebaya (peer support) dan suami dengan kelas edukasi menyusui pada ibu hamil terhadap pengetahuan, proses berubah menurut teori The Transtheoritical Model (TTM), keyakinan diri (self-efficacy).

Jenis penelitian  eksperimen semu . Rancangan   penelitian Non – Equivalent Control Group.    Tehnik Sampel  Non random dengan Accidental Sampling  yang  memenuhi kriteria inklusi .Besar  sampel  20  kasus dan 20  kontrol.

Variabel  Independen :Intervensi dukungan sebaya (peer support) dan suami dengan kelas edukasi menyusui pada ibu hamil Variabel  Dependen :Keyakinan diri dan proses berubah. Analisis bivariat : Paired t test, Independent t  test, Regression. Analisis Multivariat :Multiple regresion, uji realibilitas dengan Cronbach alpha keyakinan diri  0,852 proses berubah 0,956.

Hasil penelitian   pengetahuan   p = 0,001, proses berubah  p = 0,002 dan Keyakinan diri self efficacy p = 0,007.

Kesimpulan terdapat pengaruh dukungan sebaya dan suami pada ibu hamil terhadap pengetahuan,  proses berubah dan keyakinan diri untuk menyusui.

 Saran  ibu hamil dan suami perlu melakukan sharing pengalaman tentang menyusui untuk peningkatan pengetahuan, proses berubah dan  keyakinan diri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-01-12
How to Cite
Wahyutri, E. (2017). KEYAKINAN DIRI (self efficacy) DAN PROSES BERUBAH PADA IBU HAMIL UNTUK PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DI SAMARINDA. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 4(2), 72-78. Retrieved from https://husadamahakam.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Home/article/view/1
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)