Gambaran Sanitasi Jamban di Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Kecamatan Kikim Timur Tahun 2016

  • Maria Ulfah STIK Bina Husada Palembang

Abstract

ABSTRAK


Salah satu pembinaan dan pengembangan sekolah sehat adalah melalui pembinaan dan penilaian pada keadaan lingkungan fisik sekolah, sebanyak 145 ribu Jamban di sekolah dasar seluruh Indonesia tidak hygienis, kondisi Jamban yang seadanya dan kurang perhatian menjadi alasan Jamban adalah sarana penyakit bagi anak-anak di sekolah dasar.


Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh dianalisa secara univariat. Penelitian ini dilakukan di 27 Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Kikim Timur yang dilakukan dengan observasi untuk melihat sanitasi Jamban di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kikim Timur pada Bulan November 2016.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 27 Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Kecamatan Kikim Timur, sekolah dasar yang memiliki jamban yang memenuhi syarat sebanyak 10 sekolah dasar dan tidak memenuhi syarat syarat sebanyak 17 sekolah dasar, sekolah dasar yang memiliki sumber air bersih yang memenuhi syarat sebanyak 12 sekolah dasar dan tidak memenuhi syarat 15 sekolah dasar, memiliki Septic Tank memenuhi syarat ada 8 sekolah dasar dan tidak memenuhi syarat 19 sekolah dasar serta sekolah dasar yang memilki pembuangan air limbah yang memenuhi syarat sebanyak 9 sekolah dasar dan tidak memenuhi 18 sekolah dasar.


Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada 27 sekolah dasar di Kecamatan Kikim Timur yang memiliki Jamban yang memenuhi syarat sebanyak 10 sekolah dasar, sekolah dasar yang memiliki sumber air bersih yang memenuhi syarat sebanyak 12 sekolah dasar, memilki Septic Tank memenuhi syarat 8 sekolah dasar dan sekolah dasar yang memiliki pembuangan air limbah yang memenuhi syarat sebanyak 9 sekolah dasar.


Kata Kunci: Sanitasi, Jamban, Sekolah Dasar

Published
Jan 9, 2018
How to Cite
ULFAH, Maria. Gambaran Sanitasi Jamban di Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Kecamatan Kikim Timur Tahun 2016. Husada Mahakam, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 270 - 276, jan. 2018. ISSN 2461-0402. Available at: <http://husadamahakam.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Home/article/view/99>. Date accessed: 18 jan. 2018.
Section
Articles