Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Ince Abdul Moeis Samarinda Tahun 2017

  • Enok Sureskiarti STIKES Muhammadiyah Samarinda
  • Gita Dea Brillianty STIKES Muhammadiyah Samarinda

Abstract

Perawat memiliki peran penting dan dominan dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit. Sumber daya perawat jika dikelola dengan benar dan profesional, perawat akan memberikan kontribusi yang besar untuk menjaga dan meningkatkan kualitas rumah sakit. Kepuasan kerja perawat dalam praktik keperawatan tercapai jika perawat merasa telah menyumbang, dianggap penting, dukungan dari sumber yang ada dan keperawatan banyak dilakukan. Ini hanya bisa dilakukan jika menggunakan manajemen yang baik. Keberhasilan dan pelayanan keperawatan sangat ditentukan oleh kinerja perawat. Evaluasi kinerja perawat sangat diperlukan dan harus selalu dilaksanakan melalui sistem standar sehingga hasil dan evaluasi lebih obyektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja perawat dengan kepuasan kerja pada rawat inap RS Ince Abdul Moeis Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif berkorelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden adalah 88 responden yang menggunakan metode total sampling. Untuk mengetahui hubungan kinerja perawat dengan kepuasan kerja, uji statistik yang digunakan adalah pearson product moment test. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kinerja perawat dengan kepuasan kerja perawat dengan p-value 0,045. Ada hubungan antara kinerja perawat dan kepuasan kerja perawat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 29, 2017
How to Cite
SURESKIARTI, Enok; BRILLIANTY, Gita Dea. Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Ince Abdul Moeis Samarinda Tahun 2017. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, [S.l.], v. 4, n. 4, p. 221 - 232, aug. 2017. ISSN 2461-0402. Available at: <http://husadamahakam.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Home/article/view/93>. Date accessed: 27 may 2020.
Section
Artikel