Keefektifitasan Teknik Relaksasi Hipnotik Diri Sendiri Dengan Latihan Lima Jari Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Klien Pre Operatif Apendektomi di Ruang Cempaka RSUD A.W.Sjahranie Samarinda

  • Rina Loriana Poltekkes Kemenkes Kaltim

Abstract

Serangan cemas terjadi pada sekitar 13 % populasi orang dewasa (18-54 tahun) diseluruh dunia. Segala bentuk prosedur pembedahan selalu didahului dengan suatu reaksi emosional tertentu oleh pasien, apakah reaksi tersebut jelas atau tersembunyi, normal atau abnormal. Bagaimana cemas pre operatif yang berlebihan dapat menimbulkan respon patafisiologis yang meliputi takikardia, hipertensi, aritmia dan nyeri yang hebat dan dapat menetap hingga periode post operatif (Bokera@hotmail.com.2001).


Penelitian ini dibuat untuk mengetahui apakah teknik relaksasi hipnose diri sendiri efektif terhadap penurunan tingkat kecemasan klien pre operatif Apendiktomi.


Penelitian dilaksanakan di ruang Cempaka RSUD AWS Samarinda dari bulan Mei-Juli 2007, dengan menggunakan metode Quasy Eksperiment. Dimana menghubungkan sebab akibat dengan cara melibatkan kelompok control disamping kelompok eksperiment. Dengan jumlah responden 20 orang. Sampel diambil dengan tenik consecutive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari kuesioner A yang berisi 6 pertanyaan tentang karakteristik responden meliputi usia, jenis kelamin, pendidikan terakhir, pekerjaan, status perkawinan dan pengalaman pembedahan. Kuesioner B berisi modifikasi 14 pertanyaan yang mengacu pada HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale). Data yang telah terkumpul diolah secara komputerisasi dengan analisa uji statistik Wilcoxon Match Pair Test dengan ketentuan Ho diterima jumlah jenjang T (dari perhitungan)>harga T tabel. Kemudian data dibandingkan dengan tabel dengan taraf kesalahan 1% atau 0,01.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Z = 2,499. Sedangkan Z tabel untuk n = 10 dengan taraf kesalahan 0,01 adalah 3. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai Z hitung lebih kecil dari  Z tabel sehingga Ho ditolak dan menerima Ha atau ada perbedaan tingkat kecemasan sebelum dan sedudah pemberian teknik relksasi dalam artian teknik relaksasi hipnose diri sendiri dengan latihan lima jari efektif  dalam menurunkan tingkat kecemasan klien pre operatif Apendiktomi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 19, 2017
How to Cite
LORIANA, Rina. Keefektifitasan Teknik Relaksasi Hipnotik Diri Sendiri Dengan Latihan Lima Jari Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Klien Pre Operatif Apendektomi di Ruang Cempaka RSUD A.W.Sjahranie Samarinda. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 23-33, july 2017. ISSN 2461-0402. Available at: <http://husadamahakam.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Home/article/view/86>. Date accessed: 27 may 2020.