Etika Professi sebagai “Landasan” bagi Praktik Professi Keperawatan

  • Edi Sukamto Poltekkes Kemenkes Kaltim

Abstract

Pelayanan Keperawatan ada-lah manifestasi dari praktik keperawatan dan merupakan bagian integral dari Pelayanan Kesehatan. Untuk pelayanan di Rumah Sakit (RS), Pelayanan ini dianggap sebagai sentral pelayanan. Hal ini terjadi akibat interaksi yang secara terus menerus antara Perawat dan Pasien. Perawat bekerja selama 24 jam sehari dan  7 hari dalam seminggu (Loveridge dan Cuming, 1996). Menurut Gillies (1994), bahwa 40 persen sampai 60 persen  tenaga kesehatan yang bekerja di RS adalah tenaga Perawat. Bahkan sumber lain sudah menggambarkan proporsinya melebihi angka 70 persen. Dengan demikian, berarti Perawat merupakan indeks terpenting dalam menentukan citra baik atau buruk suatu pelayanan di RS (Depkes; Rijadi, 1994). Untuk itu, sosok Perawat yang memiliki kompetensi yang memadai dan berperilaku professional, termasuk etis  dalam bekerja, adalah pilihan yang tidak bisa ditawar keber-adaannya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 11, 2017
How to Cite
SUKAMTO, Edi. Etika Professi sebagai “Landasan” bagi Praktik Professi Keperawatan. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 78-82, july 2017. ISSN 2461-0402. Available at: <http://husadamahakam.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Home/article/view/75>. Date accessed: 25 sep. 2020.