Pengaruh Pemberian Kolagen Ikan Terhadap Proses Penyembuhan Luka Insisi (Studi Eksperimen Pada Tikue Putih Rattus Norvegicus)

  • Indah Nur Imamah Poltekkes Kemenkes Kaltim

Abstract

Kolagen memainkan peranan yang sangat penting di dalam pembentukan jaringan dan organ, terlibat di dalam berbagai fungsi biologis sel seperti pembelahan, pertahanan, dan diferensiasi sel. Karena fungsi biologis tersebut penggunaan kolagen dalam industri, khususnya dalam bidang medis, berkembang sangat pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolagen ikan terhadap proses penyembuhan luka. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan sampel  36 ekor tikus putih jantan Rattus novergicus galur wistar yang diambil secara Randomised control group pre-post test design. Kolagen ikan diberikan sebanyak 0,09/200  kg bb  melalui oral. Pengukuran kadar TGF β1, dilakukan hari ke 0 (pre test) selanjutnya dilakukan pengukuran kembali kadar TGF β1dan  (post test hari ke 3, 7 dan 10) serta pengukuran jumlah fibroblas, ketebalan kolagen. Hasil penelitian didapatkan kolagen ikan bekerja maksimal pada kelompok tikus intervensi hari ke 3, hal tersebut dibuktikan dengan kadar TGF β1 mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan kelompok kontrol (p <0,05). Terdapat perbedaan hasil pemeriksaan histopatologi jumlah fibroblas dan ketebalan kolagen antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol

Published
Jul 8, 2017
How to Cite
IMAMAH, Indah Nur. Pengaruh Pemberian Kolagen Ikan Terhadap Proses Penyembuhan Luka Insisi (Studi Eksperimen Pada Tikue Putih Rattus Norvegicus). Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 53 - 62, july 2017. ISSN 2461-0402. Available at: <http://husadamahakam.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Home/article/view/20>. Date accessed: 27 jan. 2020.